Total Tayangan Halaman

Selasa, 19 Maret 2013

Memformat Sel Excel 2007


Memformat Sel Excel 2007- Bekerja dengan worksheet berarti juga bekerja dengan sel, karena Anda akan sering menggunakan sel untuk menuliskan teks, menuliskan formula, dan sebagainya.

a. Mengisi Sel Excel 2007
Untuk mengetikkan teks pada sebuah sel klik sel tersebut, dan mulailah mengetik. Hati-hati! Jika salah mengetikkan teks dan ingin memperbaikinya, Anda tidak akan dapat menggunakan tombol-tombol anak panah pada keyboard untuk berpindah ke huruf atau angka yang akan diperbaiki. Pada Excel, begitu Anda menekan tombol arah panah ke kiri, bukan kursor yang berpindah bukanlah kursor, melainkan sel yang terfokus, hal ini berbeda dengan MS Word. Untuk mengedit teks dari sebuah sel, klik ganda pada sel tersebut atau tekan tombol F2 pada keyboard, sekarang Anda bisa menggunakan tombol anak panah pada keyboard untuk berpindah huruf atau angka.
b. Memformat Teks Excel 2007
Memformat teks, maksudnya mengubah bentuk tampilan teks pada suatu sel, seperti tebal, garis bawah, italic (cetak miring), bentuk dan ukuran font, dan sebagainya. Untuk memformat teks pada suatu sel, klik terlebih dahulu sel yang akan diformat. Untuk menebalkan teks, tekan Ctrl + B atau klik tombol pada tab Home kelompokFont. Untuk memiringkan tekan Ctrl + I atau klik tombol italic . Untuk menggarisbawahi tekan Ctrl + U atau klik tombol menggarisbawahi , atau klik tombol dropdown di sebelah tombol tersebut dan pilih salah satu bentuk underline yang disediakan. Untuk mengubah bentuk font, klik combobox bentuk font, kemudian klik nama sebuah fontyang dikehendaki. Untuk mengubah ukuran font, klik combobox ukuran font, dan pilih nilai ukuran yang dikehendaki.
c. Memformat Sel Excel 2007
Memformat sel berarti mengubah sel (bentuk, data, dan lain-lain) dari nilai standar. Ada beberapa jenis pemformatan.
Tabel 5.9 Jenis Pemformatan Sel
NumberNumber, untuk mengubah data yang dihasilkan dan ditampilkan pada sel.
AlignmentAlignment, untuk mengatur posisi teks terhadap sel.
FontFont, seperti memformat teks. Border, untuk memberi bingkai pada sel.
PatternPattern, pewarnaan latar belakang sel.
ProtectionProtection, mengatur kelayakan (hak akses) untuk mengedit sel.
Jika Anda telah menentukan atau menginginkan semua sel pada satu atau beberapa kolom diformat dengan suatu pilihan format tertentu, Anda dapat melakukan dengan mengklik column header dari kolom tersebut atau memblok beberapa column header, kemudian lakukan pemformatan. Untuk memformat beberapa kolom dengan posisi kolom yang tidak berurutan, Anda dapat melakukannya dengan mengkombinasikan penggunaan tombol Ctrl pada keyboard.
beberapa kolom dengan posisi kolom yang tidak berurutan
Gambar 5.24 (a) Pemilihan sel satu kolom menggunakan column header
(b) Pemilihan dengan dua kolom sel dengan bantuan Ctrl
1) Memformat Alignment Excel 2007
Pada MS Excel, terdapat dua jenis format alignment (perataan), yaitu horizontal alignment (peratan horizontal ) menurut lebar sel, dan vertical alignment (perataan vertikal) menurut tinggi sel. Perataan horizontal, dapat dilakukan dengan cara mengklik atau memblok terlebih dahulu sel yang akan diratakan, kemudian klik salah satu tombol dari grup Aligment horizontal. Tombol tersebut terdapat di tab Homepada grup Alignment. Tombol pertama digunakan untuk perataan kiri, tombol kedua digunakan untuk perataan tengah, dan tombol ketiga untuk perataan kanan.
Hasil perataan horizontal
Gambar 5.25 Hasil perataan horizontal
Adapun untuk perataan secara vertikal, dapat Anda lakukan dengan cara mengklik terlebih dahulu sel yang akan diratakan, atau memblok beberapa sel agar membentukrange, kemudian klik salah satu tombol dari ketiga tombol berikut: Tombol tersebut juga terdapat di tab Home pada grup Alignment. Tombol pertama digunakan untuk perataan atas, tombol kedua digunakan untuk perataan tengah (secara vertikal), dan tombol ketiga untuk perataan bawah.
Hasil perataan vertikal
Gambar 5.26 Hasil perataan vertikal
2) Membingkai Sel Excel 2007
Agar tampilan bisa lebih menarik dan membentuk sebuah tabel, range atau sel tentunya harus dibingkai (diberi garis-garis tepi). Meskipun worksheet pada Excel sepertinya telah bergaris tepi/berbingkai, tetapi sebenarnya tidak. Ketika dicetak ke kertas, tampilan garis-garis dilayar tidak akan tercetak. Klik tombol Print Preview untuk membuktikannya. Cara termudah untuk membingkai sel atau range (banyak sel) adalah dengan mengklik sel atau membuat suatu range (memblok sel). Kemudian, klik tomboldropdown (gambar segitiga kecil) pada tombol Border dan klik All Borders.
Cara membingkai sel atau range secara cepat
Gambar 5.27 Cara membingkai sel atau range secara cepat
Atau Anda bisa memilih More Borders… ketika mengklik tombol dropdown (gambar segitiga kecil) pada tombol Border untuk menampilkan dialog Format Cells.
Kotak dialog Format Cells
Gambar 5.28 Kotak dialog Format Cells
Pilih sebuah bentuk garis pada kotak Style, klik tombol Outline, dan atau klik juga tombol Inside, klik OK. Kedua cara di atas adalah cara untuk membingkai rangedengan bentuk dan ketebalan garis yang sama. Bagaimana jika ingin membingkai seperti pada ilustrasi gambar di bawah?
Mudah saja, sebelumnya, Anda perlu membuat dua buah range. Klik sel A2, blok sampai D2. Tekan dan tahan (jangan dilepas) tombol Ctrl, kemudian blok sel A3 sampai D5. Lepas tombol Ctrl, klik tombol dropdown (gambar segitiga kecil) pada tombol Border, klik More Borders. Pada kotak “Style”, klik gambar garis dengan dua baris, selanjutnya klik garis-garis pada kotak preview Border. Garis yang Anda klik akan memiliki dua buah garis sesuai pilihan Line Style. Jika perlu pilih juga Line Color untuk memberikan warna garis sesuai keinginan. Klik Line Style garis sebaris dan klik tombol Preset Inside, terakhir klik OK. Klik bebas pada worksheet (pada sel lain yang tidak terblok), bagaimana hasilnya?
Kotak dialog Format Cells
Gambar 5.29 Langkah membuat bingkai sel dengan ketebalan garis berbeda
3) Mengubah Warna Latar Belakang Sel (Fill)
Tujuan dari memberi warna belakang dari sebuah sel adalah untuk membedakan antara sel satu dengan lainnya, biasanya untuk membedakan antara kepala kolom (columnheader) dengan sel-sel lain. Untuk memberi warna sel, klik pada sebuah sel, atau blok sehingga membentuk suatu range. Pada tab Home, periksa grup Fot. Klik tomboldropdown di sisi tombol Fill, kemudian klik pada salah satu kotak warna yang disediakan. Anda juga dapat menampilkan dialog Format Cells, untuk pengaturan lebih lanjut. Dengan cara klik tombol di sudut kanan bawah dari grup Alignment. Pada dialog Format Cells yang ditampilkan klik tab Fill, pilih warna belakang yang disediakan pada kotak Background Color. Pilih juga Pattern Style sesuai dengan selera Anda. Jika perlu, klik tombol Fill Effects untuk mendapatkan gaya pewarnaan yang lain. Terakhir klik OK.
Background Color
Gambar 5.30 (a) Pilihan warna Fill (b) Cara menampilkan dialog Format Cell
Fill pada Format Cells
Gambar 5.31 Beberapa pilihan Fill pada Format Cells
Berikut contoh hasil pengubahan warna belakang sel. Anda dapat berkreasi dengan beragam warna dan pola background yang disediakan.
contoh hasil pengubahan warna belakang sel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar