Total Tayangan Halaman

Sabtu, 19 Januari 2013

Jenis Macam-Macam Pembuluh Darah


Jenis Macam-Macam Pembuluh Darah- Pembuluh darah manusia dibagi menjadi dua jenis yaitu, pembuluh nadi atau pembuluh arteri dan pembuluh balik atau pembeluh vena. Apa fungsi pembuluh nadi dan pembulauh vena? Simak uraian artikel berikut ini mengenai macam-macam pembuluh darah.

Untuk memahami tentang pembuluh darah, cobalah Anda perhatikan Gambar berikut
pembuluh darah
pembuluh darah
Pembuluh darah
Jika memperhatikan Gambar, mungkin Anda akan membayangkan bahwa bentuk pembuluh darah seperti selang panjang, yang di dalamnya berisi cairan darah. Melalui pembuluh darah, darah mengalir beredar ke seluruh tubuh. Pembuluh darah ini memiliki otot tebal dan elastis. Macam pembuluh darah adalah sebagai berikut.
a. Pembuluh nadi/arteri
Pembuluh nadi merupakan pembuluh yang keluar dari jantung. Pembuluh nadi memiliki 1 buah katup/klep berbentuk bulan sabit yang disebut valvula semilunaris. Fungsi pembuluh nadi adalah untuk menjaga aliran darah tetap searah. Pembuluh nadi dibedakan menjadi tiga.
1) Pembuluh nadi besar
Pembuluh nadi besar disebut juga aorta. Pembuluh aorta berhubungan langsung dengan bilik kiri, sehingga membawa darah kaya O2 yang akan dibawa ke seluruh tubuh, bagian kepala maupun bagian bawah dari organ tubuh. Pembuluh nadi lain yang berhubungan dengan bilik kanan adalah arteri pulmonales, yaitu mengangkut darah yang kaya CO2. Pembuluh ini menghubungkan darah menuju organ paru-paru kiri dan kanan. Gas CO2 di dalam paru-paru akan dilepaskan dan diganti dengan O2 yang kemudian dibawa menuju jantung.
2) Arteri
Pembuluh arteri merupakan cabang dari aorta.
3) Arteriola
Pembuluh ini merupakan cabang arteri yang berhubungan langsung dengan kapiler. Pada kapiler ini akan terjadi pertukaran gas, kemudian dari kapiler ini darah akan kembali ke jantung melalui venula dan dibawa ke pembuluh balik (vena).
b. Pembuluh balik / vena
Pembuluh balik disebut juga vena, yaitu pembuluh yang mengangkut darah dari seluruh tubuh ke jantung. Masuknya darah ke ruangan serambi kanan dari jantung. Pembuluh ini dibedakan menjadi tiga.
1) Vena cava
Pembuluh vena cava ini mengangkut darah dari bagian atas (kepala) yang disebut vena cava superior dan dari bagian bawah, misalnya kaki, ginjal, hati, dan lain-lain yang disebut vena cava inferior.
2) Vena
Contoh pembuluh vena, yaitu vena pulmonalis. Pembuluh vena ini mengangkut darah yang kaya O2 dari paru-paru menuju ke serambi kiri.
3) Venula
Pembuluh venula merupakan pembuluh balik yang langsung berhubungan dengan kapiler. Pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena) sama-sama mempunyai fungsi yang sama, yaitu mengalirkan darah ke jantung dan dari jantung. Namun di antara keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut dapat terlihat pada tabel di bawah ini.
No
Karateristik
Pembuluh nadi
Pembuluh balik
1
TempatAgak ke dalam tersembunyiDekat permukaan tubuh, tampak kebiru-biruan
2
Dinding pembuluhTebal, kuat, elastisTipis, tidak elastis
3
Aliran darahDari jantungMenuju jantung
4
DenyutTerasaTidak terasa
5
KatupHanya di satu tempat dekat jantungDi sepanjang pembuluh
6
Jika terlukaDarah memancar keluarDarah tidak memancar, hanya menetes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar