Total Tayangan Halaman

Selasa, 19 Februari 2013

Mengolah Worksheet Excel 2007


Mengolah Worksheet Excel 2007- Kali ini, Anda akan mencoba melakukan beberapa cara mengolah worksheet. Sebelumnya Anda perlu mengetahui beberapa istilah pada worksheet yang tentu berbeda dengan aplikasi Office lainnya.

1. Istilah pada Worksheet Excel 2007
Bekerja dengan Excel, berarti Anda bekerja dengan worksheet. Pada worksheetterdapat beberapa istilah, seperti cell, row, column, column header, row header, danrange. Berikut ini beberapa istilah yang perlu Anda ketahui.
Tabel 5.8 Istilah-istilah pada Worksheet Excel 2007
WorksheetWork Sheet adalah suatu bidang yang merupakan lembar kerja dari Excel. Bagian bagian dari work sheet, di antaranya kolom, baris, dan cell (sel)
RangeRange adalah kumpulan dari beberapa sel.
ColumnColumn (kolom) adalah ruang antara dua garis tegak pada worksheet.
Column HeaderColumn Header adalah induk dari sebuah kolom. Pengaturan atau perubahan pada induk ini akan berakibat kepada seluruh sel yang terdapat pada kolom tersebut. Column Header diwakili oleh huruf, seperti A, B, C, D, dan seterusnya.
RowRow (baris) adalah ruang antara dua garis mendatar pada worksheet. RowHeader adalah induk dari sebuah baris, pengaturan pada row header ini, juga akan berakibat pada seluruh sel yang terdapat pada baris tersebut. Row headerdiwakili oleh angka, seperti 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya.
CellCell (selanjutnya ditulis sel) adalah pertemuan antara baris dan kolom. Contoh: A10 ( fokus berada pada baris A dan kolom 10)
Formula BarFormula Bar, adalah batang yang mengidentifikasikan seluruh kegiatan pada sebuah sel. Formula bar menampilkan seluruh karakter yang dituliskan pada sebuah cellFormula bar juga digunakan untuk menuliskan rumus-rumus (formula) kepunyaan Excel.
Name BoxName Box adalah kotak yang menampilkan informasi tentang sel atau rangeyang sedang aktif (terpilih).
Tab SheetTab Sheet adalah suatu lajur yang mewakili sheet-sheet (lembaran-lembaran) yang terdapat pada work book.
2. Memindahkan dan Menyalin Worksheet Excel 2007
Secara default, Excel 2007 menyediakan tiga lembar worksheet dalam sebuahworkbook Excel (dokumen). Hal ini terlihat dari tiga buah tab sheet yang terletak di bawah jendela Excel di samping Status bar.
tiga buah tab sheet
Anda diperbolehkan untuk menambah sheet baru, mengubah judul pada tab sheettersebut, atau membedakan tiap-tiap tab sheet dengan warna yang berbeda-beda. Untuk menambahkan sheet baru, klik tab Insert Worksheet (tab yang berada di paling kanan dari deretan sheet) atau tekan tombol F11. Dapat juga diukur dengan mengklik kanan pada sebuah tab sheet, kemudian mengklik menu Insert.
tab Insert Worksheet
Gambar 5.19 Cara menambah sheet baru dengan klik kanan
Klik ikon Worksheet kemudian klik OK pada dialog yang ditampilkan. Maka di sisi kiri tab sheet tersebut (tab sheet yang diklik kanan) akan bertambah sebuah tab sheetbaru.
tab sheet baru
Anda bisa memindahkan tab sheet baru tersebut dengan melakukan dragging. Klik tab sheet baru tersebut, tahan tombol kiri mouse, seret tab sheet ke kanan atau ke kiri.
seret tab sheet
Untuk mengubah judul pada tab sheet, dapat Anda lakukan dengan mengklik ganda pada tab sheet sehingga judul tab sheet diblok.
tab sheet diblok
Ketikkan judul baru untuk tab tersebut, akhiri dengan menekan tombol Enter.
judul baru untuk tab sheet
Untuk mengubah warna tab sheet, klik kanan pada sebuah tab sheet yang ingin diubah warnanya, klik Tab Color, klik sebuah warna yang disediakan. Maka tab sheettersebut telah berganti warnanya.
Tab sheet Color
Gambar 5.20 Cara mengubah warna tab sheet
Tujuan menyalin worksheet biasanya dimaksudkan untuk mengelompokkanworksheet yang tercecer pada beberapa workbook agar tersimpan hanya pada sebuahworkbook saja. Untuk menyalin worksheet, pilih satu atau beberapa worksheet yang dikehendaki pada tab sheet. Untuk memilih beberapa worksheet bisa Anda lakukan dengan cara klik tab sheet pertama, tekan, dan tahan tombol Ctrl pada keyboard, kliktab sheet lainnya. Klik kanan pada tab sheet yang terpilih pertama kali, klik menuMove or Copy.
tab sheet Move or Copy
Gambar 5.21 Cara memilih beberapa tab sheet
kotak dialog tab sheet Move & Copy
Gambar 5.22 (a) Perintah Move or Copy akan memunculkan kotak dialog (b) Move & Copy
Kemudian di kotak dialog Move or Copy yang ditampilkan, tandai checkbox Create acopy untuk menggandakan worksheet yang terpilih, atau jangan tandai checkbox ini jika Anda hanya ingin memindahkan worksheet terpilih. Klik Move to end, jika Anda ingin meletakkan posisi tab sheet yang terpilih di posisi paling akhir. Pengaturan di atas adalah untuk memindahkan atau menyalin worksheet terpilih masih dalam workbookyang sama. Jika Anda ingin memindahkan atau menyalin worksheet terpilih dariworkbook satu ke workbook lain, ganti pilihan pada combobox To book: menjadi new book. Klik OK untuk memproses pemindahan atau penyalinan worksheet terpilih.
Move or Copy pada workbook baru
Gambar 5.23 (a) Pilihan untuk melakukan penyalinan worksheet (b) Pilihan Move or Copy pada workbook baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar